Blog Terlengkap Aneka Resep Masakan kuliner Nusantara. Di kupas secara detail, dan lengkap dengan bahasa yang mudah di pahami, Simple, Tidak Berbelit-belit dan mudah di ingat.

Kamis, 15 Oktober 2015

Cara Membuat Fried Chicken atau Ayam Krispi Spesial

Cara Membuat Fried Chicken atau Ayam Krispi Spesial


Hallo semua, berjumpa lagi dengan saya pada kesempatan kali ini aku kan membahas tentang cara membuat fried chicken, atau ayam yang di goreng dengan krispi yang melekat di dagingnya, makanan satu ini sangat tidak asing lagi bagi kita. bahkan di setiap kota, di setiap pinggir jalan di seluruh indonesia, khususnya kota-kota besar. pasti banyak di jumpai. jajanan atau makanan yang satu ini memang enak di makan langsung ataupun di buat lauk sehari-hari. mulai dari kalangan anak kecil, remoaja, dewasa bahkan orang tua. selain itu dalam segi harga juga lebih murah dan bervariasai.

Makakn yang satu ini sebenarnya sangat mudah untuk di praktekkan tapi tak banyak orang mengetahui caranya, mulai dari adonan, panas minyak untuk menggoreng, sampai cita rasa untuk menghasilkan makanan yang satu ini serasa istimewa.

Okke langsung saja tanpa banyak basa basi akan aku sebutkan apa saja yang harus di siapkan dan langkah-langkah yang harus di praktekkan untuk membuat makanan ini menjadi istimewa.

Bahan utama yang harus di siapkan :

  1. 1 ekor ayam kalau ada yang masih segar dengan ukuran sedang, kira-kira beratnya sekitar 1,2 kg, potong-potong menjadi beberapa bagian seperti bagian paha, dada dan sayap, jangan terlalu kecil dan jangan terlalu besar.
  2. air bersih dan campurkan perasan dari 1 buah jeruk nipis yang masih segar.
  3. 2 butir telur ayam, tapi ambil putihnya saja sebagai bahan celupan daging ayam
  4. Minyak untuk menggoreng ayam, sebaiknya minimal 500 ml.
Bumbu ayam :
  1. Siapkan 4 siung bawang putih yang masih segar.
  2. Siapkan 4 butir kemiri.
  3. Siapkan 1 sdt ketumbar.
  4. Siapkan 1/2 sdt lada bubuk.
  5. Siapkan 1 cm jahe dan lengkuas.
  6. Siapkan garam dan penyedap rasa secukupnya.
Bumbu untuk tepung :
  1. Siapkan 250 gr tepung terigu protein sedang.
  2. Siapkan 1 sdt soda kue.
  3. Siapkan 1 sdt ketumbar bubuk.
  4. Siapkan 1 sdt garam.
  5. Siapkan 1 sdt merica bubuk.
Langkah-langkah untuk memasak :
  1. Langkah pertama adalah melumuri ayam yang sudah kita siapkan tadi dengan air perasan jeruk nipis kemudian sisihkan.
  2. Haluskan semua bumbu ayam kemudian tumis sampai masak atau sudah mengeluarkan bau harum, kemudian masukkan ayam dan tambahkan garam dan penyedap rasa secukupnya atau sesuka selera, aduk sampai merata, selanjutnya beri sedikit air dan diamkan beberapa saat agar semua bumbu meresap dan airnya mengering setelah itu ayam diangkat dan sisihkan, biarkan beberapa saat sampai semuanya dingin.
  3. Kemudian Ambil wadah yang agak besar dan tuangkan tepung terigu beserta semua bumbu tepung, aduk-aduk dengan tangan dengan tujuan agar bumbu tercampur sempurna dan merata.
  4. Ambil potongan ayam yang sudah kita siapkan tadi, celupkan kedalam putih telur dan gulingkan kedalam bumbu tepung sambil agak diremas-remas agar tepungnya menempel di daging ayam, lakukan 2 atau 3 kali jika ingin tepung yang lebih tebal dan krispi lebih terasa. Ulangi langkah-langkah ini sampai semua potongan ayam terbalut tepung.
  5. Siapkan penggorengan dan panaskan minyak goreng hingga benar-benar panas merata, gunakan nyala api yang ekstra panas. Kemudian masukkan potongan-potongan ayam yang sudah terbalut tepung satu per satu dan goreng hingga matang dan kering, tanda-tanda yang paling mudah ketika sudah matang adalah jika warnanya sudah berubah menjadi kuning kecoklatan berarti fried chicken crispy kita sudah matang.
  6. Langkah terakhir angkat ayam goreng dan tiriskan diatas kertas tisu dapur agar minyaknya terserap sempurna.
  7. Dan akhirnya Fried chicken renyah crispy kita telah siap dihidangkan.
Iyyap itu yang bisa aku kasih untuk postingan kali ini, jika ada rikues atau pertanyaan-pertanyaan sialhkan tinggalkan jejak di bawah. semoga berhasil. :)

Lihat Juga Video Tentang fried chicken

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Membuat Fried Chicken atau Ayam Krispi Spesial

0 komentar:

Posting Komentar