Blog Terlengkap Aneka Resep Masakan kuliner Nusantara. Di kupas secara detail, dan lengkap dengan bahasa yang mudah di pahami, Simple, Tidak Berbelit-belit dan mudah di ingat.

Selasa, 25 Agustus 2015

Cara Memasak Ayam Pop Cabe Hijau Makanan Khas Padang


Ayap Pop Cabe Hijau
Cara Memasak Ayam Pop Cabe Hijau Makanan Khas Padang - Jika kalian pernah mampir untuk mencicipi masakan di rumah padang, pasti kalian akan menemukan Masakan Ayam Pop Cabe Hijau. Dari semua makanan olahan dari daging ayam di rumah masakan Padang merata hampir di sluruh Indonesia, rasanya tidak lengkap tanpa adanya kehadiran dari masakan ayam pop. Ayam pop sendiri merupakan salah satu dari ribuan banyak ayam yang olahannya ayam tergolong sehat dan paling mudah cara membuatnya dari pada menu dari lauk makanan Padang lainnya. Jika sekarang ini Anda memiliki bakat untuk memasak khususnya untuk daging ayam, maka membuat masakan ayam pop cabe hijau sendiri merupakan hal yang gampang terjadi dan mudah di lakukan ketika Anda telah mengetahui beberapa langkah yang harus dilakukan.

Untu Anda yang sangat penasaran dan ingin cepat mencoba dengan bagaimana cara memasak Ayam Pop cabe hijau Padang yang benar-benar menggoda ini, maka langkah pertama adalah Anda harus memilih ayam yang baik dan masih segar atau baru di sembelih terlebih dahulu untuk Anda olah. Hal ini tentu saja sangat penting mengingat ayam yang akan Anda olah memang merupakan makanan pokok dan dasar dari ayam pop cabe hijau ini, Seperti apa langkah-langkah selanjutnya dalam mengolah masakan ini. maka simak artikel ini sampai selesai.

Bahan Utama yang harus dibutuhkan untuk membuat ayam pop ini adalah:
  1. 1 ekor ayam dengan ukuran sedang yang dipotong menjadi 12 bagian atau lebih sesuai dengan selera anda, lebih dari 12 juga tidak masalah.
  2. Siapkan sebanyak kurang lebih 4 siung bawang putih yang telah dihaluskan.
  3. SiapkanSebanyak kurang lebih 6 siung bawang merah yang telah dihaluskan.
  4. SiapkanSebanyak 3 lembar daun salam.
  5. Siapkan1 sendok teh garam atau secukupnya.
  6. SiapkanGula secukupnya.
  7. Jangn lupa juga penyedap rasa secukupnya.
  8. Siapkan sebanyak 2 sendok makan air jeruk nipis.
  9. Siapkan sebanyak 300 ml air kelapa.
  10. yang terakhir Siapkan sebanyak minyak kelapa sawit secukupnya.

Sedangkan bumbu utama yang digunakan untuk membuat sambal hijau diantaranya adalah :
  1. Siapkan Minyak kelapa sawit secukupnya.
  2. Siapkan Cabai hijau sebanyak kurang lebih 10 buah. Jika Anda menyukai pedas maka bisa ditambahkan lebih banyak lagi.
  3.  Siapkan Cabai rawit sebanyak 15 buah atau lebih. Bagi penyuka pedas maka cabai rawit ini bisa dilebihkan tetapi bagi Anda yang tidak menyukai pedas maka cabai rawit juga bisa dihilangkan dari resep ini.
  4. Siapkan Bawang merah sebanyak kurang lebih 6 siung.
  5. Siapkan Tomat hijau sebanyak kurang lebih 3 buah atau lebih yang dibelah terlebih dahulu menjadi dua.
  6. Siapkan Air dari perasan jeruk nipis kurang lebih sebanyak 1 sendok makan.
  7. Siapkan juga Garam.
  8. Jangan lupa Penyedap rasa.
  9. Yang terakhir Terasi goreng. Jika Anda tidak menyukai memakai terasi maka Anda bisa menghilangkannya.

Setelah semua bahan yang diperlukan sudah terjejer dengan rapi, maka langkah berikut ini adalah cara membuat ayam pop cabai hijau, ikuti step demi step di bawah ini:
  1. Lumurilah potongan ayam dengan menggunakan bumbu yang telah dihaluskan, seperti bawang putih, garam, bawang merah, jeruk nipis dan juga garam selama kurang lebih 30 menit atay setengah jam.
  2. Sembari sambil menunggu bumbu dari ayam hingga meresap kedalam daging, Anda bisa memulai untuk mendidihkan air kelapa yang dimasak dengan memasukkan pula dalam daun salam.
  3. Selanjutnya Masukkan ayam ke dalam rebusan dari air kelapa yang sudah mendidih tadi beserta dengan bumbu yang digunakan untuk mendiamkan ayam tersebut.
  4. Tunggulah hingga air rebusan tersebut meresap ke dalam daging ayam dan tunggu hingga air rebusan ayam hingga mengering tanpa ada air yang tersisa.
  5. Setelah air rebusan sudah mengering maka Anda siapkan wajan yang berisi air panas untuk menggoreng ayam yang telah direbus sebelumnya.
  6. Untuk membuat sambal hijau Anda cukup merebus semua bahan yang digunakan kecuali air jeruk nipis dan juga terasi.
  7. Haluskan semua bahan yang sudah di siapkan tadi, sambal yang telah direbus maupun tidak untuk dijadikan menjadi satu.
  8. Setelah halus maka sambal hijau dan ayam pop telah siap untuk dihidangkan dengan ditemani nasi atau bisa di makan langsung.
Sekian untuk resep kali ini tentang Cara Memasak Ayam Pop Cabe Hijau Makanan Khas Padang. Semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Memasak Ayam Pop Cabe Hijau Makanan Khas Padang

0 komentar:

Posting Komentar